Modal Auxiliaries in English

Hallo sahabat setia Homie English! Di postingan kali ini, kita mau sharing tips dan trik mempelajari bagian-bagian dari Bahasa inggris yang bisa tingkatkan kemampuan kamu nih! Di chapter kali ini, kita mau membahas salah satu important part dalam bahasa inggris, yaitu “MODAL AUXILIARIES”. Sudah tahu belum dengan istilah ini, Homies? Jika belum, mari kita bahas bersama penggunaan modal auxiliaries dalam kalimat bahasa inggrisnya yuk!

Pexels.com

Pexe

Nah Homies, “Modal Auxiliaries” itu sendiri merupakan jenis kata yang berfungsi dalam membantu kata kerja dalam kalimat. Kata “Modal” diartikan sebagai jenis kata yang digunakan untuk menunjukkan sifat modalitas, yang diantaranya seperti kemungkinan, kemampuan, izin, permintaan, kapasitas, saran, perintah, kewajiban, atau saran. Sedangkan kata “Auxiliaries” di definiskan sebagai kata kerja yang membantu memperjelas kata kerja utama. Sehingga, auxiliaries bertujuan dalam membentuk atau memberikan tambahan makna pada kalimat bahasa inggris. Oleh sebab itu, Homies perlu ingat bahwa auxiliaries tidak bisa digunakan tanpa kata kerja utama ya . . .

          Jadi, di dalam Bahasa Inggris kita memiliki berbagai macam modal auxiliaries yang memiliki fungsi yang berbeda. Nah untuk mempermudah para homies mempelajari modal auxiliaries-nya, berikut jenis-jenis dan kegunaan masing-masing dari modal auxiliaries nya ya guys. Yuk langsung check it out aja guys!!!

Examples:

  • She can draws the room (Incorrect)
    (Dia bisa menggambar ruangan itu)
  • She can draw the room (Correct)


Dari contoh diatas perlu diingat bahwa tidak perlu penambahan s/es dalam penggunaan modal auxiliaries ya Homies.

Nah, jadi gimana Homies? Sudah paham kan penggunaan modal auxiliaries dalam kalimat bahasa inggris? Mudah bukan? Untuk memperkuat pemahaman kamu terkait materi modal auxiliaries ini, yuk coba kerjakan exercise di bawah ini Homies!

TypeModal AuxiliariesExamples
AbilityCan/CouldI can read the letter
(Saya bisa membaca huruf itu)

She could write the note
(Dia bisa menulis catatanya)
PermissionCan / Could/ MayCan you help me, please?
(Bisakah kamu menolong saya?)

Could you let me in, please?
(Bisakah kamu membiarkan saya masuk?)

May I use your phone?
(Bolehkan saya menggunakan telepon kamu?)
AdviceShould/ Ought toYou should study hard to get A
(Kamu seharusnya belajar giat untuk mendapatkan A)

You ought to review your lessons
(Kamu seharusnya mengulang pelajaran kamu)
ObligationMust, Have toShe must be there on time!
(Dia pasti di sana tepat waktu)

You have to start reading the text
(Kamu harus mulai membaca teks nya)
PossibilityMight/ May/ Could/ CanThey might come late
(Mereka mungkin datang terlambat)

It may rain tomorrow
(Besok mungkin hujan)

It could be cold outside
(Cuaca di luar dingin)

Watching western movies can improve your skill in speaking
(Menonton film barat bisa meningkatkan kemampuan berbicara kamu)

Nah gimana Homies? Sudah pahamkan modal auxiliaries punya banyak fungsi berbeda dalam penggunaannya. Ada satu hal penting yang kamu perlu ingat ya Homies, bahwa struktur kata dalam kalimat modal auxiliaries pada dasarnya menggunakan bare infinitive atau present verb (V1). Nah, gimana ya kalau kalimat yang digunakan dalam bentuk past atau lampau ni Homies? Kamu tidak perlu bingung Homies karena modal auxiliaries tetap memakai V1 atau bare infinitive meskipun kalimat yang ingin kita tulis atau katakana dalam bentuk past atau lampau.

Source: Pexels.com

Examples:

  • I can speak English very well. (Present sentence)
    (Saya bisa berbahasa Inggris dengan sangat baik.)
  • She could speak English very well. (Past sentence)
    (Dia (dulu) bisa berbahasa Inggris dengan sangat baik.)

Dua kalimat diatas mewakili tenses yang berbeda loh Homies, meskipun kedua nya memiliki arti yang sama, namun pada kenyataannya dua kalimat tersebut dalam bentuk dan makna kalimat yang berbeda. Yang mana, “Can” digunanakan untuk mengungkapkan ability dalam bentuk present simple, sedangkan “Could” dipakai dalam mengungkapkan ability dalam bentuk past tense. Namun, satu hal yang perlu Homies ingat adalah kedua kalimat tersebut menggunakan V1 atau bare infinitive baik dalam bentuk present atau past tense. Selain itu, penggunaan bare infinitive atau V1 ini juga berlaku untuk penggunaan subjek yang berbeda pula Homies, jadi bare infinitive atau V1 digunakan untuk singular ataupun plural subject. Jadi, Homies semua gak perlu menambahkan s/es nih di akhir kata kerja yang kamu miliki meskipun dalam kalimat present simple sekalipun.

pexels-pixabay-256417
Source : Pexels

Example:

  • She can draws the room (Incorrect)
    (Dia bisa menggambar ruangan itu)
  • She can draw the room (Correct)
    (Dia bisa menggambar ruangan itu)

Dari contoh diatas perlu diingat bahwa tidak perlu penambahan s/es dalam penggunaan modal auxiliaries ya Homies.

Nah, jadi gimana Homies? Sudah paham kan penggunaan modal auxiliaries dalam kalimat bahasa inggris? Mudah bukan? Untuk memperkuat pemahaman kamu terkait materi modal auxiliaries ini, yuk coba kerjakan exercise di bawah ini Homies!

Results

#1. They ….. discuss about math today

#2. She could …… the car by herself

#3. They ….. leave first

#4. You …. go home earlier. Mom worries so much about you!

#5. The sky is cloudy. It ….. be rain!

#6. You get D in mid test. You ….. take a remedy of it!

#7. When the traffic light is red, you …. stop the car!

#8. ….. you help me, sir?

#9. I . . . swim when I was 5 years old.

#10. If you’re sick, you ... See a doctor.

finish

Sekarang sudah pahamkan cara menggunakan modal auxiliaries dalam kalimat bahasa inggris, Homies? So, in conclusion, terdapat beberapa jenis-jenis modal dalam Bahasa Inggris yang penggunaannya pun berbeda pula, diantara modal tersebut bisa digunakan untuk mengungkapkan ability, permission, advice, obligation, and possibility. Selain itu, modal auxiliaries itu sendiri menggunakan bare infinitive atau V1 baik dalam bentuk past atau present. Dan terakhir, di dalam penggunaan modal auxiliaries kamu tidak perlu menambahkab s/es pada subject singular pronoun dalam kalimat simple present.

Okay Homies, that’s all for this session ya …Tetap semangat belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu ya guys … See you for next topic, Homies!

Download Materi:
Modal Auxiliaries in English (39 downloads)

1 thought on “Modal Auxiliaries in English”

Leave a Comment