9 Perbedaan antara Produktif dengan Sibuk, Kamu Tim Yang Mana?

Memiliki waktu 24 jam dalam sehari, dimana hampir setengah waktu yang dimiliki digunakan untuk bekerja atau kegiatan lainnya. Lalu, kita sering merasa waktu yang kita punya gak cukup untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Sehingga kita merasa terlalu produktif yang akhirnya membuat kita sibuk bekerja. Lho emang beda ya produktif dan Sibuk? Yuk kita lihat apa sih bedanya.

Orang Produktif

Skala Prioritas

Orang yang produktif tahu mana pekerjaan yang urgent dan important. Seorang yang produktif cenderung memiliki sedikit prioritas, karena mereka selalu berpikir dan bekerja untuk mewujudkan prioritas yang telah ditetapkan agar semua terwujud dengan baik.

Manajemen Waktu (Time Management)

Orang yang produktif memiliki time management yang baik, bahkan sampai memiliki waktu kapan harus membuka email dan mengecek handphone yang terkait dengan pekerjaan.

Multitasking

Orang yang produktif akan fokus menyelesaikan pekerjaan yang mendesak. Sehingga, mereka akan multitasking pada pekerjaan yang penting.

Tujuan Hidup

Orang produktif bisa bekerja dengan sangat baik karena ia memiliki tujuan hidup. Ia tahu apa yang ingin dicapai sehingga akan bekerja semaksimal mungkin dengan lebih produktif di setiap waktu yang dimiliki

Waktu Istirahat

Karena memiliki time management dan skala prioritas yang baik, maka orang-orang produktif juga tahu kapan harus beristirahat.

Orang Produktif Tahu Kapan Harus Berkata Ya Dan Kapan Harus Berkata Tidak

Bagi orang produktif, mereka akan tahu kapan harus berkata Ya dan kapan harus berkata Tidak, karena orang produktif mampu mengukur kemampuan dirinya dan menurutnya ini  menyangkut sebuah komitmen dan konsistensi.

Cara Bertindak Dan Pengambilan Keputusan

Orang produktif, mereka selalu berpikir dua kali jika mengambil keputusan dan bertindak, karena produktivitas adalah suatu hal yang utama, dan mereka enggan membuang-buang kesempatan dan waktu yang dimiliki hanya karena ingin lebih cepat. Orang produktif akan berfokus pada hal secara detail.

Cara Mereka Meluangkan Waktu Dan Menikmati Hidup

Orang produktif mampu membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan kehidupannya, dengan begitu dia memiliki kesempatan bersantai dan menikmati hidup lebih besar.

Tidak Mengumbar Kegiatan Kerjanya, Namun Menunjukkan Hasil Kerjanya

Orang produktif, mereka tidak suka mengumbar-umbar kegiatannya yang padat. Melainkan langsung menunjukkan bagaimana hasilnya kepada orang di sekitarnya.

Orang Sibuk

Skala Prioritas

Orang yang sibuk akan mengerjakan semua secara bersamaan. Orang yang sibuk juga akan cenderung berkata “ya” terhadap semua pekerjaan yang diberikan, yang juga akan berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan itu sendiri.

Time Management

Orang yang sibuk terus memeriksa handphone atau laptop mereka jika ada notifikasi masuk. Padahal, berkutat dengan email akan membuatmu tidak fokus untuk bekerja.

Multitasking

Orang yang sibuk menjadi multitasking untuk beberapa pekerjaan yang beban skala prioritasnya sama. Ini mungkin salah satu yang sering kalian alami, merasa pekerjaan bertumpuk di satu waktu, padahal sebenarnya kamu perlu membuat skala prioritas pekerjaan.

Tujuan Hidup

Orang sibuk, bekerja karena hanya untuk memenuhi tanggung jawab tidak memperhatikan bagaimana hasil kerjanya.

Waktu Istirahat

Orang yang sibuk terus memanfaatkan waktu yang ada untuk bekerja. Ini yang bisa membuat kita mudah lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Kita suka menganggap kita terlalu produktif bekerja, padahal sebenarnya kita hanya sibuk dan sulit memanfaatkan waktu yang ada.

Orang Sibuk Selalu Berkata Ya

Orang sibuk selalu berkata Ya untuk setiap permintaan atau perintah yang datang menghampirinya. Meski belum tentu mampu untuk mewujudkannya.

Cara Bertindak Dan Mengambil Keputusan

Dalam mengambil keputusan, orang sibuk selalu lebih cepat jika dibandingkan dengan orang produktif. Kebanyakan orang sibuk tidak berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan dan bertindak, bagi mereka yang penting cepat jika hasilnya buruk itu urusan belakang.

Cara Mereka Meluangkan Waktu Dan Menikmati Hidup

Orang sibuk selalu kehilangan waktu untuk sekedar bersantai karena memilih mengisi waktu mereka dengan kesibukan-kesibukan yang tiada henti. Karena mereka tak mampu mengatur dan membagi waktu bagi kehidupannya sendiri dan orang sibuk akan melihat pada tujuan besar.

Mengumbar Kegiatan Kerjanya, Namun Tidak Menunjukkan Hasil Kerjanya

Cara mereka bersikap pada orang di sekitar seolah orang lain perlu tau, orang sibuk akan terus menerus berusaha membicarakan betapa sibuknya dia dan betapa semua waktunya tersita hanya untuk pekerjaannya.

Produktif atau tidaknya kehidupan kita tergantung dari apa yang kita prioritaskan, cobalah menjadi orang yang produktif selain dapat mempermudah pekerjaan juga dapat mengurangi beban. Menjadi orang sibuk bukan pilihan yang tepat karena semua waktu akan terkuras habis untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang banyak tanpa adanya waktu istirahat. Jadi kamu tim yang mana? Tim produktif atau tim sibuk?

Referensi

Leave a Comment