10 Addictive English Games for Breaking the Ice!

Games

Pastinya akan terasa membosankan jika kita belajar dengan monoton secara terus menerus, Materi yang dipelajari akan terasa sulit dicerna apabila proses pembelajaran tidak dilakukan dengan menarik dan menyenangkan. Tentunya pendidik perlu melibatkan siswa secara aktif untuk membuat kegiatan ajar mengajar berjalan lebih efektif dan mudah dipahami oleh siswa sehingga materi yang dipelajari dapat diingat dalam waktu yang lama.   

Salah satu cara agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan efektif dan menyenangkan bisa dilakukan dengan mempersiapkan permainan interaktif antara tenaga pengajar dan peserta didik. Berikut sepuluh aktivitas permainan yang bisa diterapkan di dalam kegiatan pembelajaran.  

  1. Pictionary

Level : Basic

Umur : Children to adults

Waktu : Di akhir pembelajaran

Kegunaan : Speaking and writing

Tujuan : Mempertajam daya ingat untuk kata yang memiliki bentuk yang digambar

Pictionary adalah permainan yang mengajak para siswa untuk melatih serta menguji kosa kata tertentu yang sudah diajarkan sebelumnya dengan cara memvisualisasikan kata tersebut ke atas kertas, papan tulis, maupun media lainnya yang dapat digambar oleh bersama. Pictionary cocok di segala kalangan usia karena tiap individu dapat berkreasi sambil belajar sehingga waktu belajar terasa lebih menyenangkan dan tidak menjenuhkankan.

Cara bermain:

  1. Siapkanbeberapa kata yang sesuai dengan topik dan letakkan di dalam tas khusus sebelum kelas dimulai.
  2. Bentuk2 tim siswa berbeda dan gambar garis penanda di tengah papan tulis sebagai media tulis tiap tim.
  3. Berikan satu spidol untuk setiaptim dan minta mereka memilih sebuah kata dari tas yang sudah disediakan.
  4. Arahkan siswamembuat urutan pemain dari tiap tim untuk mengambil kertas tersebut dan menggambar kata yang diambil di papan tulis secara berurutan.
  5. Beritahu masing masingtim untuk menebak kata yang digambar oleh teman sekelompoknya dengan benar.
  6. Tim yang pertama kalimeneriakkan jawaban yang benar mendapatkan poin dan tim selanjutnya tidak mendapatkan poin.
  7. Setelah mereka menyelesaikan satu kata, maka penggambar menunjuk orang lain untuk menggambar untuk timnyadan ia kembali ke dalam kelompoknya.
  8. Ulangi sampai semua kata tersedia diambil oleh para murid.
  9. Pastikankata yang disediakan cukup dan dapat digambar setiap siswa setidaknya sekali.
  1. English boardgame

Level : Basic to intermediate

Umur : Children to adults

Waktu : Di pertengahan hingga akhir pembelajaran

Kegunaan : Speaking

Tujuan : Mempertajam daya ingat untuk topik yang dipelajari agar siswa dapat menggunakannya di dalam kalimat secara spontan.

English boardgame merupakan permainan di mana para siswa diajak untuk menjawab pertanyaan yang tersedia di boardgame tersebut. Pada permainan kali ini, mereka akan mendapatkan giliran untuk menjawab soal berdasarkan dadu yang dilemparkan oleh para pemain. Boardgame ini dapat dimainkan di tiap kalangan usia serta level yang sesuai karena metode pendekatan yang lebih interaktif dan membuat murid lebih antisipatif dengan permainan yang mereka mainkan.

Cara bermain:

  1. Sediakan boardgame yang sesuai dengan topik yang akan dipelajari di kelas.
  2. Beri tiap murid bidak sebagai penanda lokasi mereka pada boardgame tersebut.
  3. Lemparkan dadu untuk memulai permainan di mana sebelumnya tiap murid telah mendapatkan urutan untuk menjawab pertanyaan di boardgame.
  4. Pindahkan bidak sesuai dengan angka yang tertera di dadu yang telah dilempar.
  5. Jawab pertanyaan yang ada dan berikan penjelasan sebaik mungkin. Semakin banyak kosa kata akan semakin bagus.
  6. Pemain selanjutnya akan melempar dadu dan menjalankan bidaknya serta menjawab pertanyaan yang mereka dapatkan
  7. Permainan terus berlanjut hingga tiap pemain menyelesaikan giliran mereka dan tiba di garis finish.
  1. Guessing the vocabularies by the letter.

Level : Basic

Umur : Children to adults

Waktu : Di pertengahan pembelajaran

Kegunaan : Vocabulary

Tujuan : Mengolah kosa kata yang dipelajari agar dapat digunakan di dalam kalimat pada tenses yang ditentukan

Persiapkan kartu berisi huruf, kalimat, atau gambar tertentu untuk menuntun murid menemukan kosa kata yang sesuai dengan apa yang tertera di kartu. Permainan kartu ini sangat cocok bagi siswa yang masih perlu pengenalan dengan kosa kata yang baru dipelajari.

Cara bermain:

  1. Tentukan topik apa yang harus dibahas untuk materi yang akan diberikan ke murid.
  2. Letakkan sebuah kartu dengan huruf tertentu agar murid mencari kosa kata yang diawali dengan huruf tersebut.
  3. Beri nominal benda yang disebutkan untuk memancing pembendaharaan kata murid.
  4. Terus lakukan hingga flash cards tidak tersisa.
  1. Matching the picture with the words

Level : Basic

Umur : Children to adults

Waktu : Di akhir pembelajaran

Kegunaan : Vocabulary  

Tujuan : Mempertajam daya ingat untuk topik yang dipelajari agar siswa dapat menggunakannya secara spontan

Bagi murid yang perlu visual untuk memahami lebih cepat, permainan ini akan sangat tepat bagi mereka karena melibatkan pembendaharaan kata serta gambar yang akan dicocokkan. Permainan ini bisa dimainkan oleh segala usia agar mempermudah siswa untuk mengingat kosa kata baru.

Cara bermain:

  1. Pilih dan siapkan kartu kosa kata beserta kartu gambar yang sesuai untuk dipelajari.
  2. Jelaskan secara singkat tentang kosa kata yang akan dipelajari oleh siswa agar mereka paham dengan apa yanga akan dikerjakan.
  3. Sebarkan gambar yang sudah disediakan di atas meja yang mudah dijangkau oleh siswa.
  4. Sebutkan kata yang tertera di kartu kosa kata agar dapat mencari kartu gambar oleh siswa
  5. Arahkan siswa untuk mengambil kartu gambar yang mendeskripsikan kosa kata yang disebutkan.
  6. Lakukan terus hingga kartu kosa kata dan kartu gambar habis.
  1. Snake boards

Level : Basic to intermediate

Umur : Children to adults

Waktu : Di akhir pembelajaran

Kegunaan : Vocabulary  

Tujuan : Mempertajam daya ingat untuk topik yang dipelajari agar siswa dapat menggunakannya di dalam kalimat secara spontan.

Permainan ini tidak berbeda jauh dengan boardgame. Para siswa diberikan bidak dan dadu untuk memainkan snake boards ini. Mereka akan menemukan pertanyaan yang harus dijawab agar permainan dapat diselesaikan. Tantangan pada permainan ialah para siswa akan menghadapi ular yang akan mengarahkan mereka kembali ke posisi tertentu yang sudah mereka lewati sebelumnya. Snake boards sangat cocok dimainkan oleh siswa dari usia muda hingga remaja agar dapat menemukan jawaban dan berbicara secara spontan.

Cara bermain:

  1. Sediakan snake boards yang sesuai dengan topik untuk dimainkan oleh murid.
  2. Berikan bidak dan dadu untuk dilempar.
  3. Tentukan urutan murid yang bermain.
  4. Lemparkan dadu untuk menjalankan bidak dan menjawab pertanyaan yang tersedia.
  5. Mundur ke tempat yang ditentukan oleh ekor ular apabila salah seorang siswa mendapatkan posisi mulut ular setelah melempar dadu.
  6. Lanjutkan hingga semua pemain tiba di garis finish.
  1. Hang man

Level : Basic

Umur : Children to adults

Waktu : Di awal atau akhir pembelajaran

Kegunaan : Vocabularies dan letters

Tujuan : Mempertajam daya ingat untuk kosa kata yang telah dipelajari

Permainan ini cocok digunakan di awal atau pun akhir waktu pelajaran untuk mencairkan suasana kelas yang jenuh dan sebaiknya dimainkan dalam waktu yang tak lama karena para siswa akan cepat merasa bosan. Permainan ini bisa dimainkan oleh sedikit maupun banyak siswa untuk membuat para siswa familiar dengan kosa kata yang disediakan.

Cara bermain:

  1. Persiapkan sebuah kata yang akan ditebak oleh para siswa.
  2. Buat garis bawah sesuai dengan jumlah huruf dari kata tersebut di papan tulis untuk ditebak oleh siswa.
  3. Ajak siswa untuk mengisi garis bawah yang kosong di papan tulis dengan cara menyebutkan huruf.
  4. Apabila huruf yang disebutkan benar, maka tulis huruf tersebut di papan tulis. Jika tidak, maka sebagai guru mulai menggambar orang yang akan digantung.
  5. Terus lanjutkan hingga tiap huruf yang kosong terisi dengan benar (murid yang menang) atau sang guru menyelesaikan diagram tersebut (guru menang).
  1. Board race

Level : Basic to advance

Umur : Children to adults

Waktu : Di akhir pembelajaran

Kegunaan : Vocabulary  

Tujuan : Mempertajam daya ingat kosa kata yang saling terhubung dengan topik yang dipelajari.  

Mencari kosa kata tanpa tantangan pasti terasa menyebalkan jika tidak memiliki lawan bermain. Pada permainan kali ini, para siswa akan bekerja sama untuk saling menuliskan kosa kata yang mereka pelajari pada hari itu atau pun pada pertemuan selanjutnya untuk mengalahkan lawan bermain mereka. Dengan begitu, mereka akan mencoba untuk mengingat materi sebelumnya dan mengaplikasikannya ke dalam permainan. Permainan ini tepat bagi murid yang jenuh dengan menghapal kosa kata dengan cara yang biasa dan dapat diterapkan di segala umur.

Cara bermain:

  1. Tentukan jumlah kelompok bermain dan bagi mereka menjadi dua tim. Apabila terdapat banyak siswa di kelas, maka sebaiknya tiap tim terdiri dari tiga hingga empat orang per timnya.
  2. Tulis sebuah topik pada bagian atas papan tulis sebagai arahan bagi siswa untuk mencari kata yang terkait.
  3. Buat garis pembatas pada papan tulis sebagai media tulis tiap tim.
  4. Berikan spidol untuk masing masing kelompok.
  5. Tiap siswa menuliskan kata yang berhubungan dengan topik yang tersedia sebanyak mungkin sesuai dengan urutan pemain di tiap kelompok.
  6. Poin yang didapatkan merupakan hasil temuan kata siswa yang tepat dan benar.
  7. Apabila kata tersebut sulit untuk dibaca dan salah eja, maka kata tersebut tidak akan dihitung.
  1. Word jumble race

Level : Basic to advance

Umur : Children to adults

Waktu : Di pertengahan atau akhir pembelajaran

Kegunaan : Vocabularies, writing, grammar.

Tujuan : Mempertajam daya ingat untuk kosa kata yang telah dipelajari sehingga dapat digunakan di dalam kalimat.

Ingin membuat siswa bermain secara kompetitif? Mengajak para siswa untuk memperkuat ingatan mereka akan kosa kata yang telah mereka pelajari sebelumnya? Word jumble race akan menantang kekreativitasan siswa ketika bermain sehingga mereka dapat membentuk kata yang tak mereka sadari pernah mereka pelajari dan bisa tergunakan pada permainan ini. Word jumble race dapat dimainkan oleh tingkatan mana pun dan merupakan permainan yang menyenangkan untuk membentuk kata yang tak pernah terlintas sebelumnya. Ingin tahu cara bermainnya? Ayo simak caranya bermainnya!

Cara bermain:

  1. Tuliskan lima hingga enam kalimat yang berbeda untuk setiap tim yang terdiri dua atau lebih dari dua orang di tiap timnya.
  2. Potong tiap kalimat yang ada pada kertas tersebut sehingga kumpulan kata didapatkan.
  3. Sediakan wadah untuk tiap tim lalu masukkan potongan kata untuk tiap kelompok ke dalam wadah masing masing tim.
  4. Arahkan tiap tim untuk menyusun kata yang tersedia di dalam wadah agar terbentuk sebuah kalimat yang benar dan tepat.
  5. Tim pertama yang menyelesaikan semua kalimatlah yang menang.
  1. The mime

Level : Basic to advance

Umur : Children to adults

Waktu : Di pertengahan atau akhir pembelajaran

Kegunaan : Vocabularies

Tujuan : Mempertajam daya ingat untuk kosa kata yang telah dipelajari sehingga dapat digunakan di dalam kalimat.

Kepribadian para siswa di kelas adalah ekspresif dan enerjik? The mime adalah permainan tepat karena karena tiap murid melakukan sebuah gerakan tertentu agar murid lainnya dapat menebak kata yang tepat. Namun rintangan yang perlu dihadapi adalah para pemain tak dapat berbicara ketika mendapatkan giliran untuk memperagakan kata yang tersedia. Permainan ini cocok para siswa yang pemalu agar aktif dan saling melempar kalimat untuk menemukan jawaban yang tepat demi mencapai kemenangan bagi kelompok mereka. Bermain sambil belajar tentu akan menyenangkan karena permainan ini mengajak siswa untuk berlatih penggunaan kosa kata hingga peletakan grammar.

The mime tidak memerlukan waktu yang banyak untuk persiapan bagi pengajar dan merupakan metode pembelajaran yang interaktif bagi siswa. Kelompok umur yang sangat antusias bermain The mime ialah anak anak, sehingga bagi orang dewasa akan lebih baik menyesuaikan topik dengan minat mereka agar tidak cepat merasa jenuh.

Cara bermain:

  1. Sebelum kelasdimulai, tuliskan beberapa tindakan seperti mencuci piring, melipat baju, memalu kayu, dan lainnya ke sejumlah kertas yang telah dipotong berukuran kecil.
  2. Masukkan kertas yang telah ditulis ke dalam sebuah wadah agar semuanya teracak.
  3. Buat dua tim untuk bermain dan siswa menentukan urutan pemain untuk tiap timnya.
  4. Pemain pertama dari tiap tim maju untuk mengambil kertas berisi tindakan
  5. Minta mereka untuk memperagakan tindakan tersebut di depan teman kelompoknya.
  6. Terus ulangi hingga seluruh tindakan habis atau setidaknya satu grup dapat mendapatkan jawaban yang benar.
  1. Whispering a sentence.

Level : Basic to advance

Umur : Children to adults

Waktu : Di awal atau akhir pembelajaran

Kegunaan : Vocabularies, listening, speaking, grammar

Tujuan : Melatih spontanitas dan daya ingat untuk kosa kata maupun kalimat yang telah dipelajari dan dapat mengaplikasikannya menjadi sebuah kalimat

Sering berbicara dengan Bahasa Inggris? Percaya dengan kemampuan kamu sendiri? Permainan ini akan menguji seberapa familiar para siswa dengan kosa kata dalam Bahasa inggris karena mereka akan menebaknya dalam bentuk kalimat. Kemampuan Listening, Pronunciation, dan Grammatical akan menjadi tantangan bagi siswa. Sudah pasti akan ada rintangan yang perlu dilalui oleh siswa untuk memenangkan permainan ini. Penasaran?

Berikut cara bermainnya:

  1. Susun tiga hingga lima kalimat berbeda di tiap kertas yang akan diberikan pada tiap kelompok.
  2. Masukkan kertas tersebut ke dalam wadah.
  3. Bagi jumlah siswa menjadi dua kelompok atau lebih. Jumlah siswa yang ideal di tiap kelompok adalah tiga hingga tujuh orang.
  4. Ajak murid untuk mengatur urutan pemain sesuai dengan kemampuan mereka menebak kalimat.
  5. Pemain pertama di tiap kelompok mengambil kertas berisi kalimat dari wadah yang disediakan.
  6. Siswa membaca kertas yang diambil di dalam hati dan membisikkannya ke teman di sebelahnya.
  7. Pemain selanjutnya mengingat kalimat tersebut dan membisikkan ke teman di sebelahnya.
  8. Lakukan secara berulang hingga pemain di akhir mendapatkan giliran.
  9. Pemain terakhir melantangkan jawabannya untuk mengetahui apakah kalimat yang diberikan sesuai dengan yang didengar dari pemain sebelumnya.
  10. Apabila pemain terakhir mendapatkan jawaban yang benar, maka mereka akan mendapatkan poin. Jika tidak, mereka akan tidak mendapatkannya.
  11. Ulangi permainan hingga kertas di dalam wadah yang disediakan tidak bersisa.  

Source

Lander, E. (May 25, 2018). 10 Fun Games and Activities for Teaching Kids English Abroad. Go Overseas. https://www.gooverseas.com/blog/10-best-games-esl-teachers

Download file: 10 Games (31 downloads)

Leave a Comment